Laptop baterai 100% Tapi Mati
Laptop baterai 100% Tapi Mati

Mengatasi Laptop baterai 100% Tapi Mati Saat Charger Dicabut

Mengatasi Laptop baterai 100% Tapi Mati Saat Charger Dicabut By Onemadia – Jika sistem operasi kalian menunjukkan bahwa baterai laptop terisi penuh, tetapi mati saat kalian mencabut kabel charger, kemungkinan baterai mesin tidak berfungsi dengan normal. Dalam kebanyakan kasus, itu adalah tanda bahwa kalian perlu mengganti baterai segera.

Tapi tentu saja hal ini bukanlah satu-satunya penyebab dari masalah laptop yang tiba-tiba mati saat kabel charger dicabut. Pada artikel ini, kami akan melihat berbagai solusi untuk masalah tersebut. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut.

Turunkan ke versi Windows sebelumnya

Jika sistem operasi Windows kalian ditingkatkan ke Windows 10 yang terbaru, terutama pembaruan 1809, masalah kalian mungkin terkait dengan versi Windows yang telah diperbarui.

Baterai Laptop yang Rusak

Alasan lain mengapa laptop kalian mati segera setelah kalian mencabutnya dari sumber listrik adalah baterai laptop yang rusak. Entah baterai kalian rusak ringan atau sudah benar-benar rusak parah. Dalam hal ini, kalian dapat mencoba mengganti baterai dengan yang baru. Atau, kalian dapat mencoba beberapa solusi yang dijelaskan di bawah ini.

Ubah Pengaturan Manajemen Daya

Dalam beberapa kasus, kalian mengalami masalah ini karena pengaturan manajemen daya yang tidak dikonfigurasi dengan benar. Jika kalian ingin mengatur ulang pengaturan, kalian dapat mengikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini untuk mengatasi Laptop baterai 100% Tapi Mati:

  1. Klik Start Menu
  2. Klik setting (icon gambar gear)
  3. Pilih Menu System lanjut klik menu “Power & Sleep” (menu bagian kiri)
  4. Tekan “Edit Power Plant”
  5. Langkah selanjutnya melibatkan mengubah pengaturan daya lanjutan
  6. Sekarang, cari pengaturan manajemen daya prosesor
  7. Atur Status Daya Minimum 20%
  8. Selanjutnya, buka Pengaturan tampilan dan pilih kecerahan adaptif
  9. Terakhir, nyalakan plug-in dan baterai

Instal Ulang Driver Baterai

Solusi lain dari Laptop baterai 100% Tapi Mati adalah menginstal ulang driver baterai. Jika kalian mencabut kabel daya, driver yang rusak dapat mematikan mesin laptop. Diberikan di bawah ini adalah langkah-langkah untuk menginstal ulang driver.

  1. Klik kanan menu Start, pilih “Device Manager”
  2. Perpanjang “baterai”
  3. klik kanan pada pilihan ASPI
  4. Selanjutnya, pilih “uninstall”
  5. Setelah dihapus, restart laptop

Jalankan “Power-Troubleshooter”

kalian dapat menggunakan pemecah masalah bawaan untuk menyelesaikan masalah Laptop baterai 100% Tapi Mati sendiri di Windows 10. Diberikan di bawah ini adalah langkah-langkah sederhana yang dapat kalian ikuti untuk menerapkan solusi ini:

  1. Pergi ke menu setting
  2. Pembaruan dan Keamanan
  3. Temukan dan Perbaiki masalah lain untuk Opsi Daya

Reset Laptop

Jika kalian menurunkan daya penyimpanan perangkat keras, kalian dapat menyelesaikan beberapa masalah dengan laptop. Dengan kata lain, kalian harus melakukan hard reset atau power reset. Dibawah ini adalah petunjuk untuk langkah-langkahnya.

  1. Matikan Laptop
  2. Putuskan sambungan semua perangkat lain yang terhubung ke laptop
  3. Lepaskan kabel daya
  4. Keluarkan baterai
  5. Lampu daya akan mulai berkedip
  6. Sambungkan kembali kabel daya dan nyalakan laptop
Baca Juga:  Kegiatan yang dapat meredakan amarah

Jadi, jika kalian mengikuti solusi ini satu per satu, kemungkinan besar kalian akan dapat menyelesaikan masalah pada laptop kalian.

Kesimpulan

Sebelum mengganti baterai laptop dengan yang baru, kami sarankan untuk mengikuti langkah-langkah yang kami berikan di atas, karena laptop yang memiliki masalah baterai Laptop 100% Tapi Mati Saat Charger Dicabut, belum tentu masalahnya ada baterai itu sendiri.

Jika baterai laptop kalian perlu diganti, kami sarankan kalian pergi ke service center di dekat kalian tinggal untuk membeli Baterai dan bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan baterai baru yang benar-benar sesuai dengan seri laptop yang kalian miliki.

Hampir setiap toko komputer mempunyai stok baterai dari tiap merek laptop besar. namun jika memang tidak ada stok, maka kalian harus bersabar untuk inden terlebih dahulu. atau kalian juga bisa memilih opsi membeli dari marketplace secara online.

Membeli baterai laptop secara online, maka kalian harus berhati-hati dan teliti, karena jika kalian memilih baterai yang tidak sesuai dengan seri laptop milik kalian akan membuat tambah ribet. apalagi kalau toko tempat kalian membeli baterai tidak bersedia menerima retur karena salah beli. malah buang-buang uang kan.

Penutup

Demikian artikel kami tentang cara Mengatasi Laptop Menunjukan baterai 100% Tapi Mati Saat Charger Dicabut, semoga bermanfaat dan bisa membantu kalian untuk memperbaiki laptop tanpa harus mengganti baterai.

Check Also

Cara Menutup Link Google Form-min

Cara Menutup Link Google Form Dengan Gampang

Cara Menutup Link Google Form By Onemadia – Kadang saat kita membuat Google Form untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *