Kucing Terkena Penyakit Kurap
Kucing Terkena Penyakit Kurap

Kucing Terkena Penyakit Kurap

Kucing Terkena Penyakit Kurap By Onemadia РBagi kalian pecinta kucing dan memelihara kucing di rumah pasti tidak asing dengan penyakit kucing yang satu ini.  yap penyakit ini adalah kurap, penyakit ini sangat umum terjadi pada hewan peliharaan seperti kucing dan anjing. Kurap adalah satu penyakit yang disebabkan oleh jamur Dermatophytes yang hidup di kulit hewan tertentu, kemudian jamur tersebut memakan jaringan kulit yang sudah mati dan jamur ini sangat mudah dan cepat menyebar di sekitar kulit lainnya pada hewan.

Umumnya, penyakit atau jamur ini sangat mudah menular dari hewan satu kepada hewan lainnya hanya karena menyentuh atau terkontaminasi oleh benda-benda yang sudah ada jamur Dermatophytes. seperti tempat tidur, sofa, dan lain-lain. sedangkan untuk kucing ada jenis jamur yang disebut dengan M Canis, jamur ini sangat umum sekali pada kucing. Bahkan hampir 95% kucing didunia ini terpapar jamur ini pada kulitnya. Jadi ketika kalian menemukan ada hewan liar atau kucing liar disekitar rumah yang berpenyakit kurap maka berhati-hatilah.

Penyebab Kucing Terkena kurap

kemudian jika kalian mempunyai anakan kucing dirumah yang berusia dibawah satu tahun, maka kalian harus ekstra berhati-hati, karena pada usia ini kucing akan sangat rentan tertular kurap atau jamur Dermatophytes hal ini terjadi karena anak kucing masih belum kuat dalam sistem kekebalan, jadi ketika kalian membiarkanya berkeliaran keluar kemudian anakan kucing kalian bersentuhan dengan barang-barang yang sudah terkontaminasi maka bisa dipastikan anakan kucing tersebut juga akan terpapar kurap.

Baca Juga:  Cara Membuat Kucing Tetap Sehat

Tanda-tanda kucing terkena panyakit kurap

Jika kalian menemui rambut kucing peliharaan kalian kasar, lalu banyak yang patah dan rontok di area kepala atau kaki, maka itu adalah tanda atau gejala bahwa kucing peliharaan kalian terkena penyakit kurap. Jika mau tahu pasti apakah benar kucing kalian terpapar kurap, lihatlah lebih seksama! apakah kulit kucing kalian bersisik dan selalu terlihat menggaruk-garuk tubuhnya karena gatal? kemudian apakah banyak rambut yang rontok? jika kalian menemukan hal tersebut pada kucing kalian, saran kami janganlah kalian menyentuhnya secara langsung, karena area yang terpapar kurap akan sensitif dan dapat menyakiti si kucing.

Cara menghilangkan kurap dari kucing

Jika menurut kalian, kalian sudah memastikan kucing terkena penyakit kurap maka segeralah berusaha untuk mencari obatnya. segera datang ke dokter hewan langganan agar dokter dapat segera mendiagnosa apakah kucing kalian menderita penyakit kurap. jika benar itu terjadi, maka dokter akan memberikan resep obat untuk kucing kalian. 

Biasanya dokter akan memberikan obat berupa tablet. untuk memberikannya pada kucing adalah dengan cara mencampurnya bersama dengan makanan. Sedangkan kalau obatnya berupa salep, maka kalian harus mengoleskan secara langsung pada kulit si kucing. lakukan pengobatan ini secara teratur sampai kurap benar-benar hilang dari kulit kucing. Proses untuk sembuh total biasanya memakan waktu yang cukup lama. Menurut pengalaman kami biasanya berkisar antara 4-6 minggu, bahkan bisa lebih jika kalian sebagai pemilik kucing tidak disiplin dalam pemberian obat.

Kesimpulan

meskipun bukan penyakit yang membahayakan nyawa selayaknya penyakit diabetes pada kucing, namun ketika kucing peliharaan kalian terkena kurap, kalian harus menjauhkan anak-anak kalian dari kucing sampai benar-benar sembuh. kalian juga perlu menggunakan sarung tangan ketika ingin menyentuh kucing dalam rangka pengobatan atau apapun itu.  karena kucing yang terkena kurap dilabeli dengan terinfeksi jamur, maka sudah dapat dipastikan kurap adalah penyakit yang sangat menular dan yang menjadi masalah serius adalah proses penyembuhan yang memakan waktu cukup lama.

Baca Juga:  Penyakit Diabetes Pada Kucing

Penutup

Perhatikan lingkungan kalian tinggal, jaga kebersihan lingkungan dan selalu cuci tangan setelah melakukan sesuatu atau bersentuhan dengan hewan peliharaan agar penyakit, virus dan jamur tidak mudah masuk ke rumah dan lingkungan kalian tinggal. periksakan hewan peliharaan ke dokter hewan secara rutin agar jika ada penyakit tertentu pada hewan bisa diketahui sedini mungkin. khususnya kasus tentang Kucing Terkena Penyakit Kurap. semoga bermanfaat dan tetap jaga kesehatan.

Check Also

Cara Memberi Minum Pil Kepada kucing

Cara Memberi Minum Pil Kepada kucing

memberi minum pil kepada kucing yang sedang sakit merupakan pekerjaan yang tidak mudah. karena sudah pasti akan menolak sesuatu dimasukan ke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *