Masalah Kesehatan Umum Pada Kucing
Masalah Kesehatan Umum Pada Kucing

Masalah Kesehatan Umum Pada Kucing

Masalah Kesehatan Umum Pada Kucing By Onemadia РBagi orang Indonesia pasti sudah tidak asing dengan masalah yang akan ditemukan pada kucing peliharaan, berbeda dengan yang baru suka dengan kucing, kemudian memutuskan untuk memeliharanya dan mereka mungkin akan terkejut dengan masalah yang akan mereka temui ketika memelihara kucing yang sebenarnya sudah sangat umum terjadi. 

Tidak perduli jenis ras kucing apa yang akan kalian pelihara, masalah kesehatan adalah masalah yang sangat umum ditemui pada semua hewan peliharaan, Tidak terkecuali juga kita temui pada semua jenis kucing. yang membedakan hanya seberapa bahaya masalah kesehatan tersebut pada kucing yang ada di rumah kalian.

Masalah Kesehatan Umum Pada Kucing

Lalu apa saja masalah kesehatan yang sering dan umum terjadi pada kucing peliharaan? berikut beberapa diantaranya:

  1. Cacing 

Masalah pertama yang paling sering ditemui pada kucing peliharaan adalah masalah cacing. Hampir semua orang yang memelihara kucing pernah menjumpai Infeksi cacing pada kucing peliharaannya. Bisa dibilang apapun jenis kucingnya masalahnya tetap cacing hehe. kucing yang terinfeksi cacing akan mengalami masalah berat badan yang turun drastis, mudah diserang kutu. kucing yang terinfeksi cacing akan ditandai dengan adanya bintik putih pada kotoran-nya. jika kalian menemukan yang demikian sebenarnya ada obat-obatan yang dijual di toko yang bisa kalian beli dan berikan kepada kucing kesayangan. Namun jika memungkinkan, bawalah kucing kalian ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik, karena masalah cacing ini merupakan masalah yang bisa berakibat fatal jika tidak mendapatkan penanganan dan obat yang tepat.

  1. Bola Rambut

Masalah kesehatan Umum Pada Kucing peliharaan selanjutnya adalah Bola rambut. Penyakit ini sebenarnya terjadi karena ulah si kucing itu sendiri. Kalian pasti tau kan kalau kucing kalian suka sekali menjilati bulu mereka sendiri, entah untuk berdandan, entah mencari kutu, entah mau membersihkan diri, yang jelas hampir setiap waktu kalian bisa melihat mereka selalu menjilati tubuhnya sendiri. 

Baca Juga:  Cara Melatih Fisik Ayam Agar Tidak Cepat Lelah

Karena itulah ada beberapa bulu yang rontok dan tidak sengaja tertelan oleh kucing tersebut. Semakin lama semakin banyak di dalam perut karena tidak bisa dicerna. jika satu saat kalian melihat kucing kalian tiba-tiba ingin memuntahkan sesuatu, jangan panik atau khawatir yang berlebihan. memang terlihat mengerikan sekaligus sangat menjijikan. namun mereka akan memuntahkan gumpalan berupa gumpalan bola rambut tersebut dengan sendirinya.

Namun ada kasus yang sebenarnya jarang sekali terjadi, namun kalian harus mengetahuinya bahwa dari bola rambut ini akan ada kasus dimana kucing tidak bisa memuntahkanya dan akan masuk ke dalam usus cacing, lalu terjadi penyumbatan. setelah terjadi demikian maka ini akan menjadi masalah yang lebih serius, bahkan bisa mengancam nyawa kucing tersebut.

Penyumbatan tersebut terjadi karena kucing tidak bisa menjatuhkannya secara alami dan ini akan ditandai dengan gelagat kucing yang akan terlihat dengan jelas. yaitu, kucing akan sembelit (susah buang air besar), tidak makan dengan benar (nafsu makan menurun atau hilang), bulunya menjadi kusam dan tidak berkilau. Jika kalian melihat salah satu dari tanda-tanda tersebut silahkan bawa kucing ke dokter hewan.

ada beberapa hal yang dapat kalian lakukan agar masalah bola rambut ini tidak terjadi kepada kucing kalian. yaitu dengan menyikat dan menyisir kucing anda secara teratur, minimal dua sampai tiga minggu sekali untuk menghilangkan bulu yang rontok.

  1. Infeksi saluran kemih

Dari namanya terdengar sangat berbahaya bagi kehidupan kucing peliharaan kita dan menggangu Kesehatan Umum Pada Kucing, namun memang benar infeksi saluran kemih merupakan salah satu masalah yang sangat umum terjadi pada kucing. meskipun masalah ini lebih sering terjadi pada kucing jantan namun masalah ini juga bisa terjadi pada kucing betina.

Gejala kucing kalian mengalami masalah infeksi saluran kemih adalah kucing kalian tiba-tiba tidak pergi ke tempat kotak pasirnya lagi. kemudian kucing akan mengeluarkan bau yang tidak sedap dan sangat menyengat. jika kalian melihat kotak pasir kucing terlihat selalu bersih, maka bawalah kucing kalian pergi ke dokter hewan, sehingga kucing kalian mendapatkan pertolongan dan obat-obatan dari dokter hewan.

  1. Leukemia kucing
Baca Juga:  Mengatasi Alergi Kucing

Penyakit leukimia pada kucing adalah masalah serius dan banyak menyebabkan kematian pada kucing beberapa tahun yang lalu. Namun sekarang, para ahli telah  menemukan obat atau vaksin yang dapat  mengobati penyakit leukimia kucing. Penggunaan vaksin ini dilakukan sebelum kucing terpapar leukimia dengan disuntik sehingga penanganan ini bersifat pencegahan.

Kesehatan Umum Pada Kucing bisa dihindari, Jadi lebih baiknya jika kalian memelihara kucing, bawalah ke dokter hewan terlebih dahulu untuk meminta suntik vaksin sebelum terlambat, sehingga di masa depan kalian tidak perlu mendapati masalah leukimia kucing terjadi pada kucing kalian di rumah.

leukemia kucing merupakan virus yang sangat menular, jadi ketika kalian mendapati kucing kalian terpapar penyakit ini, kalian tidak boleh membiarkan kucing yang lain dekat-dekat dengan kucing yang terpapar tersebut. karena meskipun dengan terpapar leukimia kucing tidak langsung mati, namun biasanya umurnya tidak akan panjang.

Kesimpulan

Untuk melindungi dan menjamin kesehatan kucing, kalian harus memastikan untuk membawanya ke dokter hewan demi untuk mendapatkan pemeriksaan secara rutin. perlu sekali kalian memberi informasi penuh kepada dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat, seperti jika kalian belum pernah memberikan suntikan vaksin kepada kucing kalian, maka katakan saja dan minta untuk vaksin sekalian jika perlu.

Meskipun memang ada masalah yang sangat umum ditemukan pada kucing peliharaan (Kesehatan Umum Pada Kucing), namun wajib bagi kita untuk mengusahakan dan memberikan kehidupan yang layak, seperti makanan dan kesehatan kepada kucing dengan benar agar kucing dapat tumbuh dan berkembang baik.

Penutup

Nah demikian artikel hari ini tentang masalah kesehatan yang umum pada kucing peliharaan, jadi jangan takut dan khawatir berlebihan untuk memelihara kucing di rumah kita. masalah-masalah diatas dapat di atasi dengan mudah jika kalian juga perduli dan mau berkorban sedikit untuk membawa kucing ke dokter hewan.

Check Also

Cara Memberi Minum Pil Kepada kucing

Cara Memberi Minum Pil Kepada kucing

memberi minum pil kepada kucing yang sedang sakit merupakan pekerjaan yang tidak mudah. karena sudah pasti akan menolak sesuatu dimasukan ke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *