Energi Alternatif dari Laut
Energi Alternatif dari Laut

Energi Alternatif dari Laut

Energi Alternatif dari Laut By Onemadia.com – Konversi Energi Panas Laut (OTEC) dirancang pada tahun 1881 oleh insinyur Perancis Jacques D’arsonval. Namun, pada saat penulisan ini, Institut Energi Terbarukan Hawaii memiliki satu-satunya pabrik OTEC eksperimental di planet ini. OTEC adalah sumber energi alternatif potensial yang membutuhkan pendanaan dan eksplorasi jauh lebih banyak daripada saat ini. Biaya merupakan kendala utama untuk menerapkan OTEC pada tingkat yang luas dan praktis. Karena proses yang saat ini digunakan untuk pembayaran OTEC, sulit untuk mengurangi biaya ke tingkat yang wajar. Energi panas laut sangat panas dan tidak menambah polutan ke atmosfer. Namun karena saat ini perlu dipasang menggunakan teknologi terkini, maka pabrik OTEC dapat merusak dan merusak lingkungan setempat.

Sistem aksi OTEC mirip dengan sistem siklus air di Bumi. Artinya, jika matahari mengangkat molekul air pada siang hari untuk menguapkan (menguap) mereka menjadi awan, kemudian angin meniupkannya ke tanah, sehingga terjadi pengembunan di awan, air yang sebelumnya berupa uap. menjadi cair dan kemudian mendarat di tanah. Sistem kerja ini ditiru oleh OTEC, yaitu menarik air laut permukaan yang panas (hangat), menguapkannya ke turbin untuk menghasilkan listrik, mengondensasinya dengan air laut dingin yang diambil di laut dalam, dan kemudian mengulangi siklus ini (Rahman, 2008).

Lalu bagaimana prinsip pengoperasian OTEC itu sendiri? Energi Alternatif dari Laut – Sederhananya, OTEC bekerja dengan menggunakan perbedaan suhu untuk menghasilkan listrik dan menguapkan amonia dan klorofluorokarbon. Tekanan uap yang dihasilkan digunakan untuk menggerakkan turbin. Sistem kerja OTEC dapat dibagi menjadi dua sistem yang menggunakan siklus yang berbeda: terbuka dan tertutup. Siklus terbuka dan tertutup ini merupakan perpanjangan dari siklus Rankine atau siklus termodinamika, yang biasanya menggunakan air sebagai fluida hidrolik. Siklus Rankine digunakan untuk menghasilkan 80% dari kebutuhan listrik dunia.

Baca Juga:  Aplikasi Wajib untuk HP Android Baru Beli

Ada tiga jenis Energi Alternatif dari Laut / OTEC

  1. Siklus tertutup OTEC menggunakan cairan titik didih rendah, misalnya propana, berfungsi sebagai cairan perantara. Pabrik OTEC memompa air laut hangat ke dalam ruang reaksi untuk mendidihkan larutan perantara. Ini mendorong uap cair menengah ke turbin mesin untuk menghasilkan listrik. Selanjutnya, masukkan uap ke dalam air laut dingin untuk mendinginkannya.
  1. Siklus terbuka OTEC sama dengan siklus tertutup, kecuali bahwa siklus terbuka tidak memiliki cairan perantara. Air laut sendiri merupakan mesin dengan mesin OTEC turbocharged. Air laut yang hangat di permukaan laut diubah menjadi uap bertekanan rendah di bawah batasan vakum. Uap bertekanan rendah dilepaskan di daerah terkonsentrasi dan memiliki kemampuan untuk menggerakkan turbin. Air laut dalam yang dingin ditambahkan ke uap setelah listrik yang cukup dihasilkan untuk mendinginkan uap dan menghasilkan air desalinasi untuk konsumsi manusia.
  1. “Hybrid siklus OTEC” saat ini hanya teori. Saya mencoba menjelaskan cara mendapatkan hasil maksimal dari energi panas air laut (Energi Alternatif dari Laut). Sebenarnya ada dua sub-teori dalam teori siklus hybrid. Yang pertama adalah menggunakan siklus tertutup untuk menghasilkan listrik. Listrik ini digunakan untuk menciptakan lingkungan vakum yang dibutuhkan untuk bersepeda di luar ruangan. Komponen kedua adalah menggabungkan dua sirkuit terbuka sehingga satu siklus terbuka menghasilkan air minum desalinasi dua kali lebih banyak.

Pabrik siklus tertutup OTEC dapat digunakan tidak hanya untuk pembangkit listrik, tetapi juga untuk perawatan kimia. Stasiun OTEC juga dapat digunakan untuk memompa air laut dingin yang dalam, baik terbuka maupun tertutup, untuk pendinginan dan penyejuk udara. Selain itu, selama periode ekuinoks ketika air laut mengelilingi pabrik, air tertutup dapat digunakan untuk proyek akuakultur seperti kelautan dan akuakultur. Produk dan layanan yang tersedia dari sumber energi alternatif ini jelas memiliki cakupan yang luas.

Baca Juga:  Mengatasi Laptop baterai 100% Tapi Mati Saat Charger Dicabut

Demikian artikel kami tentang Energi Alternatif dari Laut

Check Also

Cara Menutup Link Google Form-min

Cara Menutup Link Google Form Dengan Gampang

Cara Menutup Link Google Form By Onemadia – Kadang saat kita membuat Google Form untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *