Cara Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga
Cara Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

3 Hal Pokok Cara menjaga keharmonisan Rumah Tangga

Cara menjaga keharmonisan Rumah Tangga By Onemadia.com – Setelah menikah dan berkomitmen dalam rumah tangga tugas pasangan suami istri adalah menjaga keharmonisan rumah tangga bersama. Namun dalam kenyataannya, banyak sekali pasangan suami istri menemukan permasalahan rumah tangga yang datang silih berganti seiring waktu berjalan. Mulai dari masalah yang sepele sampai masalah besar yang dapat memicu sebuah pertengkaran hebat. Akibatnya, tidak sedikit pasangan suami istri dalam satu keluarga yang mengalami stres kemudian lebih memilih berpisah karena sudah tak sanggup lagi mempertahankan kapal rumah tangga.

Kalian pasti tidak mau mengalami hal tersebut bukan? Perpisahan di dalam rumah tangga bukanlah solusi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan yang kalian hadapi. karena yang akan menjadi korban utama adalah anak-anak yang tidak tahu apa-apa. Bukankah lebih baik jika pasangan suami istri mendiskusikan semua permasalahan dengan kepala yang dingin dengan tujuan agar menjaga keutuhan rumah tangga menjadi tentram dan harmonis kembali.

Berikut 3 hal pokok Cara menjaga keharmonisan rumah tangga

  1. Saling Memahami

Permasalahan di dalam rumah tangga biasanya dipicu ketika pasangan suami istri sudah tidak bisa saling memahami satu sama lain. Oleh karena itu, bisa saling memahami dan mendukung satu sama lain menjadi cara yang sangat ampuh dalam menjaga keharmonisan rumah tangga. Penting untuk memahami bahwa tugas utama suami ialah bekerja mencari nafkah untuk keluarga, sedangkan tugas istri adalah mengurus anak dan rumah. Pastikan pahami betul hal ini agar tidak saling mengeluh dan membandingkan tugas dari masing-masing pihak.

Contoh mudahnya adalah, ketika istri sedang sibuk di dapur memasak. Tiba-tiba sang anak rewel untuk mengajaknya bermain, Sementara kalian para suami malah asyik bermain handphone atau menonton televisi. Tentu hal ini bisa membuat istri kalian emosi dengan tingkah yang tidak mau memahami dan membantu ketika istri sedang repot. Lebih baik jika kalian para suami menaruh hp kemudian membantu istri untuk menemani anak agar istri bisa menyelesaikan pekerjaannya di dapur. 

Baca Juga:  3 Kunci Utama Untuk Membuat Rumah Tangga Lebih Bahagia

Begitu juga saat suami kecapean pulang dari kantor atau tempat ia bekerja. kalian para istri hendaknya paham situasi suami yang sedang capek dan dapat membantu membawa tas kantornya atau segera membuatkan teh hangat agar capeknya suami bisa sedikit berkurang. Dengan saling mengerti dan memahami hal-hal kecil seperti ini, tentu keharmonisan dalam rumah tangga dapat terjaga dengan baik.

  1. Saling Menghargai

Saling menghargai merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga keharmonisan rumah tangga. Pada dasarnya semua sudah paham bahwa suami ataupun istri memiliki sifat dan karakter yang berbeda. Diperlukan pengertian dari dalam diri masing-masing untuk dapat menyatukan perbedaan tersebut.

penghargaan seorang istri kepada suami bisa dalam bentuk sikap yang sopan dan menghormati sang suami dimanapun berada, apalagi ketika berada di tempat umum. Jangan pernah menceritakan aib atau hal buruk tentang sikap suami kepada tetangga, teman, bahkan kepada keluarga sendiri. Sebaliknya, sebagai seorang suami hendaknya jangan memaksakan keinginan kepada istri dengan semena-mena, dengarkan dan hargailah pendapat dan keinginan istri kalian.

  1. Saling Percaya

Saling percaya antara suami istri adalah salah satu kunci untuk menjaga keharmonisan rumah tangga. Jangan biarkan diri kalian memiliki pikiran dan hati saling curiga satu sama lain. Karena jika hubungan rumah tangga tidak dilandasi kepercayaan, maka tidak akan bisa bertahan lama. apalagi kalau mempunyai pemikiran kalau suami atau istri selingkuh, aduh bisa-bisa tiap hari ribut terus.

Memanglah tidak mudah untuk membangun sebuah kepercayaan. Tapi, jika kalian bisa berfikir positif kepada pasangan kalian sendiri, tentu pikiran-pikiran buruk yang menyebabkan rasa curiga akan hilang dengan sendirinya.

Ambilah contoh, misal kalian mendapati suami terlambat pulang kerumah bahkan sampai larut malam. Kalian jangan langsung mempunyai pikiran kalau suami sedang selingkuh. sebelum berpikir yang tidak-tidak cobalah mencari alasan yang positif, misalnya mungkin suami sedang lembur, karena sedang banyak kerjaan dan tidak bisa menghubungi istri karena handphonenya mati. atau bisa juga karena ban motornya bocor dan susah mencari tukang tambal ban. Dengan berpikir begitu saja seharusnya kalian istri juga akan merasa kasihan dan iba kepada pasangan, bukan malah berpikir tentang perselingkuhan yang malah menambah beban pikiran.

Baca Juga:  Hal-hal Kecil Yang Romantis

Penutup

Demikian artikel tentang cara 3 hal pokok cara untuk menjaga keharmonisan rumah tangga, pahami ketiga hal ini dahulu, setelah ini kita lanjutkan untuk membahas artikel kita ini ketahap selanjutnya. karena masih banyak tips yang akan kami berikan untuk kalian semua, termasuk hal-hal kecil yang romantis yang membuat pasangan tetap merasa dicintai meskipun waktu sudah berlalu dan umur semakin menua. sehingga kita sebagai seseorang yang mempunyai impian untuk memiliki kehidupan keluarga yang harmonis bisa terwujud.

Check Also

arti dari cinta sejati

Arti Dari Cinta Sejati

Apa arti dari cinta sejati? By Onemadia – Saya telah menikah selama kurang lebih 40 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *